GURU (BUKAN) PAHLAWAN TANPA TANDA JASA?


Masihkah relevan sebuah slogan yang menyebutkan "Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa" atau mungkin masih banyak diantara kita misintrepretasi slogan ini. 


Sebelumnya apa yang kita pahami arti seorang guru? 

Sederhananya guru adalah seorang pengajar yang mentransfer ilmunya kepada anak didiknya. Namun ada juga yang mendefinisikan bahwa guru itu "digugu lan ditiru" (dipercaya dan diikuti). 

Faktanya dewasa ini tidak semua guru dapat dipercaya dan ditauladani. Tidak sedikit guru yang cacat moral dan spiritual seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dan informasi dimana guru kita dengan mudahnya terekspos pada hal negatif di dunia maya yang dapat membentuk pribadinya. Karena tidak hanya anak didik kita yang "vulnerable" atas perkembangan zaman, termasuk juga guru didalamnya. 

Tidak semua yang menjadi guru karena atas dasar panggilan hati dan jiwanya. 

Berdasarkan konteks yang saya pahami guru terbagi menjadi tiga dilihat dari perspektif umum dan agama:

1. Teacher as A Job
Karena saat ini pekerjaan guru cukup menjanjikan dengan segala fasilitas dan penghasilan yang diperoleh (PNS), walaupun tidak sedikit guru swasta yang masih 'struggling' dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya yang lebih besar dari penghasilan yang didapat (hidup standard rata-rata). Namun disini banyak ditemukan guru yang belum kompeten dan terpanggil bahwa guru adalah keinginan hatinya, bisa jadi karena tidak ada pilihan lain yang bisa dikerjakan. Akhirnya menjadi guru adalah pilihan yang tidak diinginkan. Sangat disayangkan jika ini terjadi.

2. Teacher as A Profession
Guru sebagai profesi yang saya maksud adalah guru profesional. Mengajar dengan kemampuan dan keahlian dalam bidang yang dia ajarkan. Pada fase ini guru sudah kompeten mengajar bidang yang diampu. Oleh karenanya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang sebelumnya dinamakan PLPG.

Pada posisi ini guru sudah dikategorikan baik dan profesional dalam mengajar namun sekedar mengajar profesional belum dengan hati, sekedar menyampaikan ilmu dan pengalaman yang dimiliki (Just teach not educate). 

3. Teacher as A Passion
Menjadi Guru karena Passion akan membentuk kepribadian guru yang baik karena selain setiap guru berusaha menjadi seorang profesional juga akan ikut andil dalam mendidik anak-didiknya menjadi orang yang lebih baik. Guru ini akan senantiasa meng-upgrade kompetensi diri dan mendidik semua anak didiknya dengan ketauladanan. Guru yang inspiratif dan profesional. 

Dalam perspektif atau kacamata Islam yang saya pahami, guru memiliki tiga dimensi fungsi:

1. Sebagai seorang Mu'allim  Seorang Mu'allim lebih berkonsentrasi kepada ilmu akal. Hanya sebatas "Transfer of Knowledge". Guru sekedar mengajarkan apa yang dia ketahui. Tidak jarang kita mendengar para guru berkata "Yang penting saya mengajar, masalah dia nakal saya tidak begitu peduli, karena kalau saya tindak (hukuman fisik) dampak nya negatif pada diri saya". 

2. Sebagai seorang Murabbi
Seorang Murabbi mengacu kepada pendidik yang tidak hanya mengajarkan suatu ilmu tetapi dalam waktu yang sama mencoba mendidik rohani, jasmani, fisik, dan mental anak didiknya untuk menghayati dan mengamalkan ilmu yang telah dipelajari.

Murabbi berkonsentrasi pada penghayatan suatu ilmu, sekaligus membentuk kepribadian, sikap dan kebiasaan anak didiknya atau kita sebut "transfer of values". Jadi, tugas "Muallim" banyak melayang di "akal" namun tugas Murabbi melayang di "hati". Sehingga selalu berusaha mencari cara untuk mendidik anak-anak nya

3. Sebagai Seorang Mujahid
Dalam Islam, istilah Mujahid diartikan sebagai seorang Pejuang yang berperang di jalan Allah. Seorang guru juga seorang Mujahid yang berjuang memberantas kebodohan dan kebobrokan akhlaq generasi masa depan yang jauh lebih berbahaya dari pada perang fisik.

Sehingga guru harus berjuang sungguh-sungguh dalam mengajarkan hal positif pada anak didiknya karena inilah perjuangan sesungguhnya untuk membangun peradaban bangsa dengan diiringi doa tulus ikhlas untuk kesuksesan anak didiknya di setiap doa yang dipanjatkan. 

Oleh karenanya di Pesantren ilmu tidak sekedar diajarkan namun dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari melalui ketauladanan para Kyai dan Ustadz serta Ustadzah.

Jika disebutkan bahwa Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, menurut saya tidak tepat, karena torehan prestasi bangsa ini adalah buah hasil tanda jasa para guru. Tanda jasa mereka tidak sekedar benda fisik melainkan benda hidup yang selalu berevolusi memberikan kontribusi untuk negeri ini.

Selamat Hari Guru (HGN) 2018
Selamat menjalankan tugas Mulia
Salam perjuangan


Paiton, 25 Nopember 2018
MJB

Komentar